Sunday, April 12, 2015

Sudah Donor Darah?

Salah satu rutinitas saya tiap 75 hari sekali adalah mendonorkan darah, ini salah satu cara saya menolong orang lain. Donor darah bukti kepedulian kita terhadap sesama. Donor darah bagi saya juga merupakan pemeriksaan kesehatan secara rutin, ibarat sebuah motor butuh ganti oli, demikian juga dengan melakukan donor darah.


 Sebagai wanita memang agak sulit mendonorkan darah karena rata-rata wanita memiliki kadar hemoglobin yang rendah, minimal syarat dapat mendonorkan darah adalah kadar Hb 12,5 gr. Sehingga jika kadar Hb kurang dari angka itu, kita tidak bisa melakukan donor darah. Tetapi itu bukan alasan kita wanita tidak bisa donor darah, bisa kita atasi sebenarnya yaitu dengan usaha dan persiapan jelang melakukan donor darah yaitu istirahat yang cukup, mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi dari sumber hewani kemudian konsumsi vitamin B6, B12 dan asam folat yang bermanfaat untuk meningkatkan kadar hemoglobin. Saya terbiasa konsumsi sate kambing /daging-dagingan, juga hati sapi maupun ayam, sayuran yang saya konsumsi bayam, kangkung dan brokoli serta minum susu supaya saya dapat melakukan donor pada hari di mana jadwal donor darah saya tiba.

Syarat lain untuk dapat melakukan donor darah adalah umur 17-60 tahun( usia 17 tahun diperbolehkan menjadi donor bila mendapat izin tertulis dari orang tua), berat badan minimal 45 kg, temperatur tubuh: 36,6 – 37,5 derajat Celcius, tekanan darah baik yaitu sistole = 110 – 160 mmHg, diastole = 70 – 100 mmHg, denyut nadi teratur yaitu sekitar 50 – 100 kali/ menit.

Biasanya kita mengisi formulir donor darah, kemudian petugas akan memeriksa tekanan darah kita, mengecek kadar Hb dalam darah kita barulah setelah terpenuhi semua syarat barulah darah kita bisa diambil.

Setelah donor darah, banyak sekali manfaat yang saya rasakan bagi kesehatan badan, yaitu

 -Menurunkan berat badan
- Melindungi jantung
- Meningkatkan sel darah merah
- Mencegah stroke
- Meningkatkan kesehatan psikologis
- Memperbarui sel darah baru
- Mencegah resiko terkena penyakit langka
- Menurunkan resiko kanker
- Meningkatkan produksi darah
- Pikiran menjadi lebih stabil
- Menurunkan kolesterol

Keuntungan tambahan bagi wanita yang melakukan donor darah adalah  menjaga kulit agar tidak mudah keriput, dan membantu kita dalam memperoleh bentuk tubuh ideal.


Pada event-event tertentu ketika PMI bekerjasama dengan instansi lain, lembaga, mall atau launching produk, restaurant dsb ada manfaat tambahannya loh...setelah donor darah kita selalu di beri asupan pengganti seperti snack, susu atau mie instan dari PMI kita juga dapat bonus tambahan dalam bentuk yang menggiurkan seperti voucher diskon, hadiah merchandise, hadiah produk cantik....hihi siapa sih yang gak seneng dapat hadiah, gratis lagi eh...pake usaha dikit kok dengan cara donor darah. 

Nah....masih banyak lagi keuntungan donor darah loh, tidak hanya untuk kita pendonor tapi bagi penerima donor. Melakukan donor darah artinya kita menolong 3 nyawa. Subhanallah....semakin banyak pendonor darah tentunya semakin banyak nyawa yang tertolong.
Yuk....yang belum pernah donor darah....ayo segera sumbangkan darah kita, karena setetes darah kita bermanfaat untuk nyawa orang lain. Jadwal donor darah biasanya selalu update di facebook PMI setempat.



No comments:

Post a Comment