Wednesday, April 15, 2015

Belajar Ngemsi(baca: MC a.k.a membuka acara)

Latihan dan terus latihan....
Tidak ada sesuatu yang instant, semua perlu berlatih, lalu jam terbang makin meningkat. Kepercayaan diri bertambah, grogi sedikit demi sedikit berkurang bahkan hilang.

Belajar ngomong di depan orang banyak, tentu saja bukanlah hal yang mudah, bukan hal sepele karena kemampuan kita berbicara di depan orang itu akan diliat banyak mata yang hadir dalam suatu acara.

 Nah....berikut ini contoh teks membuka sebuah acara dalam rangka peringatan hari Kartini. Penulis sadar mungkin ini masih jauh dari sempurna, silahkan disempurnakan saja sesuai dengan acara yang Anda bawakan, dan memberi kenyamanan pada Anda ketika menjadi MC.



assalamualaikum wr.wb

hadirin yang kami hormati
 
pra acara kali ini yaitu penampilan senam massal, senam kwek-kwek oleh adik-adik PAUD dan TK se kecamatan Pwt Utara, kepada yang bertugas dipersilahkan.


Terima kasih atas partisipasi adik-adik dan hadirin.
yth Kepala Camat Purwokerto Utara
yg kami hormati Kepala Kelurahan Sumampir.
yg kami hormati Ketua Tim Penggerak PKK Sumampir beserta pengurus
yg kami hormati Ketua GOP TKI beserta pengurus
yg kami hormati Guru-guru pendamping PAUD dan TK
yg kami hormati tamu undangan yg tdk bisa kami sebutkan satu persatu
yg kami hormati adik-adik dari PAUD dan TK se kecamatan Purwokerto Utara


marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, atas berkat n rahmatnya kita bisa berkumpul di sini dalam acara Gebyar HUT Kartini ke-136 tanpa halangan apapun.
Atas nama panitia kami menyampaikan terima kasih kepada hadirin, yang telah dengan tulus ikhlas menyempatkan diri menghadiri undangan kami dalam rangka ikut bersama-sama memeriahkan Gebyar HUT Kartini  ke-136 yang kita cintai bersama ini. Semoga amal baik Bapak-bapak, Ibu-ibu dan hadirin semuanya itu mendapatkan balasan yang setimpal dari Allah SWT. Amin!

bpk ibu yg kami hormati
sebelum acara dimulai perkenankanlah kami membacakan susunan acara pd pagi hari ini

1. pembukaan
2. Menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Ibu Kita Kartini 

3. laporan ketua panitia
4. sambutan
5. Doa
6. Penutup dilanjutkan pelaksanaan lomba
 

bpk ibu beserta adik-adik yg berbahagia

1. memasuki acara yg pertama yaitu pembukaan, marilah kita buka acara pd hr ini dg bacaan basmalah bersama2…terimakasih semoga dg bacaan basmalah td acara dpt berjalan lancar sampai akhir acara

selanjutnya yaitu menyanyikan lagu kebangsaan indonesia raya dan ibu kita kartini kepada yg bertugas di persilahkan….hadirin dimohon berdiri….

                                           Hadirin dimohon duduk kembali

2. meningkat ke acara berikutnya yaitu laporan ketua panitia kepada ibu……….. di persilahkan.terimakasih kami ucapkan  kpd ibu……….

3. acara berikutnya yaitu sambutan Kepala Camat Purwokerto Utara sekaligus berkenan untuk membuka lomba kepada bapak ....... di persilahkan.terimakasih kami ucapkan kpd bapak ......

4. memasuki acara yg ke 5 yaitu doa yg akan dipimpin oleh Ibu ....... kepada beliau di persilahkan. kepada ibu............ kami ucapkan terimakasih
 

5. menuju ke acara ke 6 yaitu penutup, saya sebagai pembawa acara mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila dalam membawakan acara ada tutur kata yang kurang berkenan mohon di maafkan, wassalamualaikum wr.wb
 
Semoga contoh teks ini bermanfaat untuk Anda.

4 comments:

  1. salam kenal mak, wah kalau saya disuruh ngemsi udah keder duluan deh hihi

    ReplyDelete
  2. salam kenal juga, makanya belajar ngemsinya nyontek dulu hehehe seperti saya...

    ReplyDelete
  3. Bun, biasanya sebutannya "Bapak Camat" saja, bukan "Bapak Kepala Camat"
    apa lain daerah beda ya?

    ReplyDelete
  4. Saya ditunjuk jd mc, tp saya bingung mo ngomong apa😀😀😀😀😀

    ReplyDelete