Thursday, April 23, 2015

Daftar BPJS Online, No Antri n GPL alias Gak Pake Lama

Kalau sudah kenal yang namanya dunia internet, rasa-rasanya enggan sekali beranjak dari depan laptop or PC kita, enggan sekali kalau disuruh keluar rumah berpanas-panas ria di jalan, enggan sekali ke suatu tempat kemudian pakai acara antri...., pakai acara keringetan hehehe
Kalau itu emang saya banget....dan ngayalnya saya, kapan kira-kira kita butuh duit tinggal ngeprint ya..., butuh makanan sih udah tinggal DO aja, tapi kalau butuh uang masih deh tetep ke ATM.*khayalan tingkat tinggi*

Dan....ini dia yang mau saya bahas hari ini, eh...tepatnya mau saya tuliskan di blog ini dan tentunya bermaksud supaya bisa berbagi dengan pembaca blog yaitu pengalaman saya dalam mengurus BPJS, asuransi kesehatan masyarakat yang lagi jadi program pemerintah saat ini.

Pertama, yang perlu diluruskan niat kita terlebih dahulu mendaftar menjadi peserta BPJS. Kalau saya pribadi niatnya untuk berjaga-jaga jikalau saya dan anggota keluarga saya sakit, setidaknya dapat meringankan beban saya dalam mengcover biaya kesehatan, kedua...tetap saya berharap dengan memiliki kartu BPJS ini saya dan anggota keluarga sehat selalu, jadi iuran yang kami keluarkan setiap bulan nantinya jika sedang tidak kami pakai maka iuran tsb saya niatkan untuk sedekah keluarga saya kepada mereka yang sedang sakit yang tentunya memerlukan bantuan kita.

Nah....karena saya berharap gak pakai lama dalam mengurus kartu BPJS ini, saya coba daftar via link ini http://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-online/.

1. Klik link tsb dan langkah selanjutnya cek persetujuan kita mengenai peraturan syarat ketentuan layananan pendaftaran peserta BPJS. Lanjut klik pendaftaran. Sebelumnya kita harus sudah siap dengan file-file Kartu Keluarga, KTP dan foto masing-masing anggota keluarga kita.

2. Masukkan NIK anggota keluarga yang tertera di kartu keluarga
Dengan melakukan ini otomatis kita tidak capai antri dan tidak pakai isi formulir yang terlalu panjang.

3. Isi data, diantaranya pilihan fasilitas kesehatan yang terdekat dengan domisili kita dan juga pilihan dokter gigi yang kita mau.

4. Lanjut isi data no rekening bank kita yang bekerja sama dengan BPJS. Nah...di sini cara kita iuran BPJS setiap bulannya juga autodebet tapi atas perintah si empunya rekening dan juga kita bisa setor langsung dengan cara datang ke bank.

5. Upload file yang di minta seperti KTP, KK atau foto masing-masing anggota keluarga

6.Isi alamat email kita yang valid untuk balasan dari BPJS

7. Terima email balasan dari BPJS dimana berisi no virtual account  yang kita bawa ke bank/ATM ketika melakukan pembayaran iuran

8. Bayar iuran via bank/ATM

9. Terima email balasan lagi dimana berisi file kartu BPJS kita siap cetak/print sendiri. Apabila pada step ini kita tidak mendapatkan email, maka bawalah no. virtual account dan bukti pembayaran iuran ke kantor BPJS.

10. Kartu BPJS siap deh ditangan kita





Ini dia baru sesuai harapan, No Antri dan Gak Pake Lama. Adapun manfaat menjadi peserta BPJS cukup banyak, dapat dilihat di sini.

Selalu jaga kesehatan ya pembaca semua,...semoga bermanfaat tulisan saya hari ini.

No comments:

Post a Comment