Saturday, April 18, 2015

Melihat Kegiatan Bina Keluarga Balita




Beberapa waktu y.l saya dan Ibu Titin pembina pokja 2 PKK Kecamatan Purwokerto Utara mengunjungi Kelompok BKB Kencana III di RW 9 Jatiwinangun Purwokerto Lor. Senangnya melihat semangat 25 kader BKB di sana yang sebagian besar sudah usia lanjut.Para kader yang dengan ikhlas mengabdikan dirinya dalam kegiatan BKB, pantas mendapatkan apresiasi dari masyarakat.

Apa itu BKB?

BKB adalah kegiatan khusus mengelola pembinaan tumbuh kembang anak melalui pola asuh yang benar yang dilaksanakan oleh sejumlah kader yang berada ditingkat RW, biasanya peserta BKB itu keluarga muda yang memiliki anak Batita atau Balita.
Gerakan BKB merupakan gerakan pemerintah dan masyarakat untuk memelihara kesehatan, tumbuh kembang anak, deteksi dini kelainan ataupun kecacatan dan akhirnya menyiapkan anak balita sekolah bersama anak-anak lain.

Di Balai RW ini, kegiatan BKB berlangsung pagi hari bersamaan dengan kegiatan rutin posyandu, sehingga setelah mengikuti kegiatan posyandu, Batita dan Balita diarahkan ke kelompok umur masing-masing yaitu kelompok umur 1-2 th, 2-3 th, 3-4 th dan 4-5 th. Demikian juga anak-anak PAUD dan TK di RW ini setelah pulang sekolah/kegiatan bermainnya mereka datang ke tempat berlangsungnya kegiatan BKB ini.
Di sana anak-anak diperbolehkan main dengan mainan yang telah disediakan sesuai kelompok umur dan diamati serta dicatat tumbuh kembang mereka oleh kader. Selain itu si Ibu juga dibina oleh kader, diingatkan agar memotivasi anaknya supaya lebih bagus tumbuh kembang mereka.
 Beberapa dokumentasi kegiatan di kelompok BKB RW 9 Jatiwinangun:








 Kegiatan Posyandu seiring sejalan dengan kegiatan BKB











Ibu Lurah yang sedang memberikan semangat kepada para kader


Tujuan BKB bagi lembaga adalah meningkatkan kelestarian kesertaan ber-KB bagi keluarga. Tujuan bagi orang tua, agar semakin luas wawasan dalam cara mengasuh anak dengan benar, meningkatkan ketrampilan mereka dalam mendidik anak, pandai membagi waktu dalam mengasuh anak, semakin terarah dalam mendidik anak, mampu membentuk anak yang berkualitas, dsb. Sedangkan tujuan bagi anak agar cerdas, trampil dan sehat, anak diharapkan tumbuh kembang optimal dan memiliki kepribadian yang kuat guna perkembangan selanjutnya, dsb.

Harapan besar semoga dengan adanya kegiatan BKB yang bertujuan mulia ini, baik lembaga, orang tua maupun anak mendapatkan manfaat sebaik-baiknya.

Bravo kader BKB, tetap semangat!





No comments:

Post a Comment