Wednesday, April 22, 2015

Lomba Kreasi Makanan Dari Bahan Singkong

Dalam rangka memperingati hari Kartini ke-136, GOP TKI Kecamatan Purwokerto Utara bersama PKK Kelurahan Sumampir mengadakan lomba kreasi makanan dari bahan singkong. Peserta lomba adalah ibu-ibu perwakilan dari PAUD dan TK se Kecamatan Purwokerto Utara.

 Ternyata, antusias ibu-ibu mengikuti lomba ini besar sekali. Terbukti dengan banyaknya peserta yang mengirimkan hasil kreasinya. Selain menyajikan kreasi makanan berbahan singkong, mereka juga diwjibkan menyertakan resep makanan, estimasi biaya produksi dan cara pembuatannya.

Aneka kreasi makanan berbahan singkong sungguh banyak macam, ada jenis makanan manis dan ada jenis makanan gurih/asin. Rata-rata sih membuat makanan dessert, jenis snack gitu...
Ya....setidaknya menunjukkan kalau ibu-ibu ini kreatif, dari segi cara menyajikan(plating), cara mereka berkreasi dengan rasa, kreasi dengan bentuk, berkreasi juga dengan bahan utama.

Dan inilah...kreasi makanan berbahan singkong hasil karya ibu-ibu yang berhasil saya dokumentasikan sebelum dinilai oleh juri.


awug-awug singkong dibentuk dengan cetakan bunga lalu disusun menjadi rangkaian bunga, bagian bawah diberi rumput-rumputan dengan memanfaatkan irisan daun singkong.




Getuk singkong yang dibentuk dengan loyang love dan cetakan daun. Kreasi bentuk yang lumayan juga idenya. Standar, sederhana tapi patutlah dihargai usahanya untuk berkreasi.



 Bentuk tumpeng, ini bentuk lain dari jenis awug-awug singkong. Perpaduan warnanya cukup cantik, idenya juga menarik. Sepintas mirip dengan kue tart atau kue ulang tahun.


Nah...kalau saya menyebutnya bola-bola coklat singkong. Menggunakan coklat warna-warni dan sprinkles.



 Ini dia favorit saya, makanan gurih dengan bau khas sereh dari tangkai drumstick ala qytela.


Sedangkan yang ini getuk yang dibentuk bola-bola sate. Warnanya tidak ngejreng, lembut dan cocoknya dimakan selagi hangat karena ketika dingin agak keras teksturnya dan terlalu padat.




Kalau ada bolu tape, yang ini bolu singkong tabur keju parut di atasnya. teksturnya mirip bolu tape yang agak bantet itu loh...


Singkong gulung ayam, dimakannya pakai saus nenas. Kreatif dalam hal rasa juga bentuk yang digulung menambah khasanah bentuk-bentuk kreasi makanan berbahan singkong.


Puding singkong, sepertinya mudah cara membuatnya secara puding gitu loh....



Brownies singkong, untuk brownies lover boleh dicoba, untuk menambah koleksi rasa di lidah Anda.


Arem-arem dan kroket singkong. Rasa pas...untuk kroketnya, hanya saja arem-aremnya kurang maknyuzz.


Pizza singkong tapi dibentuk mirip pie singkong. Rasa isiannya cukup enak. Idenya untuk dibikin pizza juga lumayan oke, untuk variasi snack berbahan singkong.



Dan....yang warna-warni ini sawut singkong ceria. diberi warna-warna gonjreng, dibentuk dengan cetakan yang unyu-unyu. Cukup ceria untuk platingnya sesuai dengan nama makanannya, "Sawut Singkong Ceria".

3 comments: